Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perangkat Komputer


Perangkat komputer secara garis besar terdiri dari 2 bagian paling utama, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (Hardware)
 
PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER: Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

PENGERTIAN PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER:
perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,  karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Macam-macam perangkat keras pada komputer adalah:


1.      KEYBOARD adalah sebuah papan yang berisi serangkaian huruf, angka dan simbol-simbol yang memiliki peranan tersendiri dalam peroses penginputan. (keyboard berfungsi sebagai penginput pada komputer)
2.      MOUSE adalah salah satu input device (unit masukan) pada Personal Computer (PC). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat disbanding dengan keyboard.
3.      MONITOR berfungsi untuk menampilkan daftar perintah yang dijalankan atau daftar output. Biasanya dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indera penglihatan dan pendengaran
4.      PRINTER berfungsi mencetak file dalam bentuk tulisan maupun gambar yang berada di dalam harddisk, disket atau flash disk
5.      SPEAKER merupakan piranti untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
6.      HARDDISK merupakan suatu media penyimpanan data internal yang kapasitasnya besar. Untuk saat ini kapasitas hard disk mencapat 1 TB. Harddisk dipasang di dalam CPU sehingga termasuk media penyimpanan internal. Harga dari media ini tergolong mahal.
7.      DISKET merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data anatar 700 KB sampai 1,44 MB.
8.      CD ROM/DVD merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 MB, sementara DVD ROM mampu menyimpan data antara 4 GB sampai 9 GB.
9.      FLASH DISK merupakan media penyimpanan data berbentuk pena yang dapat menyimpan data antara 1 GB sampai 16 GB.
10.  MEMORY CARD merupakan media penyimpanan data berbentuk persegi yang dapat menyimpan data 256 MB sampai 8 GB.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar